Rabu, 04 November 2009

Lima K

Setiap orang ingin agar hidupnya lebih baik dari hari ke hari. Tidak ada orang yang jika ditanya ingin maju atau sukses, ia katakan ”tidak”. Manusia selalu menginginkan kelayakan dalam hidupnya. Namun kata orang bijak untuk bisa lebih baik, maju, sukses dan layak harus melewati 5K berikut ini. Apa itu? Mari kita simak sama-sama.

1. Kemauan
Kemauan bisa didefinisikan dengan niat. Orang melakukan sesuatu diawali dengan bisikan hati. Bak kata pepatah ”hati adalah raja”. Kemauan atau niat yang kuat akan menghasilkan azzam. Ketika sudah berazam akan menghasilkan kekuatan yang besar untuk dapat menjalankan tahap-tahap kesuksesan. Azzam yang kuat akan menghasilkan kesungguhan, tahan uji, dan pantang menyerah.

2. Kemampuan
Kemauan tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak memiliki kemampuan yang baik. Rencana dan agenda tidak akan terealisasi dengan baik jika tidak ditangani dengan kemampuan yang baik.
”Jikalau suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kehancurannya”.
Meraih kesuksesan tentu tidak akan terlepas dari kepercayaan orang lain kepada kita. Bagaimana orang lain akan memberi kita kepercayaan jikalau ia sudah menilai bahwa kita tidak mampu. Tentunya ia tidak ingin mengambil resiko khan? Apalagi jikalau urusan tersebut berkaitan dengan bisnis. Tentu orang akan lebih berhati-hati.

3. Kesempatan
Kata bang Nafi, ”Orang berbuat sesuatu karena adanya niat dan kesempatan”. Kesempatan adalah suatu waktu yang tidak terus menerus akan datang. Kejelian menggunakan kesempatan akan membuat sesorang bisa mengeskpresikan kemauan dan kemampuannya. Sebaliknya, jika kita tidak menggunakan kesempatan ketika kesempatan itu ada, maka kesempatan itu akan diambil orang lain dan kita telah menambah daftar saingan kita. Hidup itu adalah perlombaan. Maka dari itu, marilah kita berlomba secara sehat.

4. Kesabaran
Seekor induk ayam jikalau tidak sabar mengeram maka ia tidak akan mendapatkan bayi ayam yang mungil. Seorang ibu jikalau tidak sabar dalam mengandung, anda bisa bayangkan...! Kesabaran akan menjadikan usaha yang kita lakukan menjadi lebih baik.

5. Keberuntungan
Yang paling menentukan kemajuan dan kesuksesan kita adalah keberuntungan. Kalau orang muslim bilang ”rezeki” namanya. Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Jikalau kita sudah melaksanakan 4 hal diatas, tapi tidak dikehendaki Allah, maka tidak akan terjadi. Namun pernyataan ini tidaklah membuat kita menjadi pesimis. Karena
”Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti ia akan mendapat”.
”Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh dijalan Kami, pasti Kami tunjukkan jalan Kami”
”Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu merubah nasibnya sendiri”

Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentarnya