Senin, 02 November 2009

TIGA RENUNGAN

Ada 3 hal yang dapat saya ambil pelajaran dari seorang teman, yang mungkin dapat kita jadikan bahan renungan.

1. Pertemanan

Semakin banyak teman makin banyak rezeki, seperti : peluang bisnis, mendapat nasehat, jodoh, dan lain-lain. Pertemanan atau sering kita sebut dengan silaturahim betul-betul membuat umur kita lebih panjang. Mungkin maksud umur panjang disini bukan berarti lamanya kita hidup di dunia ini, tetapi dengan silaturahim kita bisa mendapat informasi yang dapat membantu kita menyelesaikan permasalahan, pekerjaan, atau target hidup kita lebih cepat. Yang apabila kita kerjakan sendiri, kita mencapainya bertahun-tahun, tapi dengan silaturahim dapat terjawab dan terselesaikan dalam waktu 2 jam misalnya. Artinya kita menjadi pribadi-pribadi efisien. Bak kata pepatah, ”Sekali dayung dua tiga pulau terlampau”. Dengan pertemanan, seseorang yang kerja manual, bisa menjadi otomatis karena sebuah informasi. Maka tugas kita adalah cari teman sebanyak-banyaknya.

Seribu orang teman itu sedikit

Satu orang musuh itu banyak

2. Ubah paradigma menjadi lebih baik

Allah berfirman ”Aku sesuai persangkaan hamba-Ku kepada-Ku”. Artinya jikalau kita bersangka baik maka semuanya akan menjadi baik. Sebaliknya, jikalau dari awal kita sudah pesimis, bagaimana mungkin keberhasilan akan dicapai.

3. Nilai tambah

Seorang sarjana tidak mempunyai nilai lebih di hadapan para sarjana. Dia akan bernilai diantara tamatan SMU atau dibawahnya. Orang hidup tidak akan mempunyai nilai dihadapan orang-orang hidup. Dia bernilai jika berada diantara orang mati. Artinya, kita tidak akan mendapat nilai lebih jika masih tetap sama, tidak ada kontribusi, kreatif dan inovatif. Maaf, tahi lalat akan tampak karena ia memiliki warna yang berbeda dari sekitarnya. Maka......INOVATIF-lah

1 komentar:

Terima Kasih atas komentarnya